Tempat Wisata di Enrekang

Kali ini Saya akan memposting beberapa tempat wisata di Enrekang yang sangat menarik untuk dikunjungi dan jangan dilewatkan ketika Anda berkunjung di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Wisata Enrekang Buttu Macca

Objek wisata Buttu Macca memang dikonsep untuk menjadi wisata foto, dengan latar Gunung Nona (Buttu Kabobong) yang indah nan eksotis karena menyerupai kelamin wanita. Objek wisata ini terletak di Dusun Pulauan, Desa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang yang berjarak sekitar 15 km dari Kota Enrekang atau 245 Km dari Kota Makassar. Lokasinya di pinggir jalan poros Enrekang-Toraja, berjarak 500 meter dari penginapan Villa Bambapuang.

Ketika Anda nyampai di tempat parkir wisata, para pengunjung mesti berjalan kaki dahulu kira-kira 100 meteran untuk mencapai spot favorit objek wisata tersebut. Keindahan Gunung Nona yang di bawahnya mengalir Sungai Mata Allo, akan membius mata para pengunjungnya.

Buttu Macca

Gunung Nona

Selain menikmati pesona alam, pengunjung juga bisa berfoto kekinian di tujuh spot foto yang ada di objek wisata tersebut. Spot foto itu adalah Perahu Tomanurung, Gerbang Cinta, Panggung Cinta, Ujung Jalan, Kupu-Kupu dan Papan Instagram.

Untuk pengunjung yang ingin menguji adrenalin, anda bisa mencoba bermain di wahana ketapel. Di wahana itu, pengunjung akan berayun di atas ayunan ekstrim di atas jurang dan akan membuat jantung anda akan berhenti beberapa saat. Selain itu pengunjung juga bisa bermalas-malasan di tempat tidur ayunan diantara pohon yang ada di sekitar objek wisata itu.

Gunung Latimojong
Merupakan gunung dengan puncak gunung tertinggi di Sulawesi. Penduduk di sekitarnya cukup ramah dan perjalanan yang menantang adrenalin, dibutuhkan seharian berjalan kaki untuk tiba di puncak dan tentunya peralatan camping yang safety. Pendakian terbaik pada bulan Mei hingga Oktober dan Anda akan mendapatkan cuaca yang cerah pada pagi hari di Puncak Latimojong.

Bagi pemula sebaiknya harus mempersiapkan fisik yang kuat, karena medannya yang menanjak dan curam. Selain itu harus menentukan waktu pendakian yang cuacanya tidak hujan, karena bila kondisi hujan akan lebih sulit untuk mendaki.

Pendakian menuju puncak sangat menantang dan cocok bagi penggemar petualangan alam bebas. Segala fasilitas transportasi dan peralatan pendakian dapat di peroleh dengan penyedia jasa pendakian celebes trekking.

Makanan siap saji banyak di temukan di kota Kecamatan Baraka yang letaknya tepat di lokasi transit transportasi JEEP sebelum menuju desa terakhir sebagai lokasi pendakian. Tempat istirahat sebelum memulai pendakian hanya tersedia basecamp atau rumah penduduk. Mendaki puncak Gunung Latimojong dengan ketinggiang 3478 meter dari permukaan laut sangat hebat dan indah.

Wisata Cekong Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Indonesia

Perbukitan savana yang indah sekitar 30 menit dari Enrekang ibukota Kabupaten Enrekang, Dilengkapi dengan permainan Outbound. Spot terbaik di sini adalah berayun di bibir jurang serasa berayun di langit Biru. Rasakan juga nikmatnya Kopi Enrekang buatan Barista. Lokasi di Tanete, Anggeraja, Enrekang 91752, Indonesia.

Gunung Latimojong

Photo by @kampong_massenrempulu

Air Terjun Lewaja Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan

Salah Obyek wisata di Kabupaten Enrekang yang menarik adalah Pemandian Alam Lewaja. Mendekati pemandian ini kita disuguhi pemandangan yang menarik berupa air terjun di sisi utara timur jalan, kurang lebih 500 meter dari pemandian.  Tapi air terjun ini terletak di luar kompleks Pemandian Lewaja. Biasanya akan terlihat kelihatan dari jalan ketika musim hujan tetapi pada musim kemarau kurang begitu kelihatan dari jalanan.


Memasuki Komplek pemandian Lewaja, terdapat kolam renang yang sumber airnya berasal dari pegunungan disekitar lokasi, air pegunungan yang bersih dan segar. Terdapat beberapa fasilitas penunjang kolam renang antara lain, ruang penonton, ruang ganti, tribun utama yang cukup luas, lapangan futsal, papan lompat, papan luncur bagi anak-anak, penyedia makanan ringan dan bakso.

Pemandian alam ini berupa air terjun yang lokasinya berada di bagian dalam kompleks, tepatnya di celah pegunungan yang bisa dicapai melalui jalan setapak kurang lebih 1 km dari kolam renang.  Sisi kanan bukit dan sisi kiri lembah/jurang pengunjung harus ekstra hati-hati selain sempit juga seringkali jalanan licin. Di air terjun inilah biasanya pengunjung berendam di kolam yang berada dibawah air terjun disela-sela bebatuan yang besar.

Itulah daftar tempat wisata di Enrekang yang bisa Saya perlihatkan. Ke depannya nanti Saya akan posting beberapa tempat wisata air terjun di Sulawesi termasuk air terjun Kajejen Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan

Sumber :
http://makassar.tribunnews.com/2017/06/29/ini-tempat-wisata-kekinian-di-enrekang-ada-gerbang-cinta-dan-papan-instagram
https://www.tripadvisor.co.id/Attractions-g12607093-Activities-Enrekang_South_Sulawesi_Sulawesi.html
https://norma07dp.wordpress.com/wisata-di-kab-enrekang/

Back To Top