Tempat Wisata Batu Malang

Di sini kami akan meninjau secara singkat beberapa tempat wisata Batu Malang yang harus Anda segera jelajahi. Batu adalah kota  di Jawa Timur yang memiliki sejuta keajaiban alam dan panaroma yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui keindahan dan tempat-tempat keren di Batu.

Batu memiliki banyak tempat wisata keren, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, foto spot hingga air terjun yang benar-benar memanjakan mata. Ini ulasan lengkapnya :

Taman Ramah Lingkungan
Eco Green Park adalah tujuan wisata di Batu yang cocok untuk keluarga. Di objek wisata Batu ini Anda dapat berjalan melalui zona di mana kita dapat menikmati berbagai pemandangan untuk berinteraksi dengan binatang lucu seperti memerah susu sapi, melihat berbagai spesies burung, hingga keindahan taman bunga.

Taman Ramah Lingkungan


Lokasi: Jl. Oro-Oro Ombo No.9A, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314
Harga Tiket Masuk: IDR 55.000,00 (hari kerja), Rp75.000 (akhir pekan)
Jam Operasi: 09.00 - 17.00 WIB

Bukit Coban Rais dan Coban Rondo
Terletak di dataran tinggi, Batu menyimpan pesona wisata air terjun yang sangat menawan. Beberapa atraksi air terjun paling populer di Batu adalah Coban Rais dan Coban Rondo. Memiliki ketinggian hingga puluhan meter.

Kesegaran air terjun ini dipadukan dengan keindahan alam yang masih sangat indah dan alami, menjadikan destinasi wisata di Batu ini memiliki suasana yang menenangkan dan menyejukkan. Jika Anda berencana untuk menjelajahi objek wisata Batu yang satu ini, tidak ada salahnya untuk membawa makan siang atau makanan ringan dan minuman yang cukup karena medan yang harus ditempuh untuk mencapai objek wisata Batu yang satu ini cukup berat.


Bukit Coban Rais dan Coban Rondo


Lokasi: Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo Kecamatan Batu, Kota Batu

Museum D'Topeng
Topeng adalah salah satu warisan budaya nusantara. Objek wisata di Batu, yang secara resmi dibuka sejak Mei 2014, memiliki ribuan koleksi topeng unik dan tradisional mulai dari zaman prasejarah hingga topeng antik dari era Majapahit.

Mengunjungi destinasi wisata Batu ini, Anda dapat melihat berbagai topeng kuno yang penuh nuansa mistis dan nilai sejarah tinggi.

Museum D'Topeng


Lokasi: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314
Harga Tiket Masuk: Rp50.000,00 (Senin-Kamis), Rp75.000 (Jumat-Minggu)
Jam Operasi: 12.00 - 20.00 WIB

Omah Kayu
Omah Kayu adalah pilihan tujuan wisata di Batu dengan nuansa alam. Selain pesona alamnya yang indah, objek wisata Batu yang satu ini sangat populer sebagai tujuan berburu foto-foto instagramable. Tidak hanya berfoto di pondok kayu eksotis di tengah hutan. Dengan menambahkan biaya tambahan, Anda juga bisa menikmati sensasi menginap di salah satu pondok kayu ini.


Omah Kayu


Lokasi: Jl. Mt. Lot, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65312
Harga Tiket Masuk: IDR5.000,00
Jam Operasi: 09.00 - 17.00 WIB

Pujon Kidul
Jika Anda berlibur di Batu untuk menikmati suasana alam dan pedesaan yang menenangkan, maka objek wisata Batu yang satu ini wajib dikunjungi. Desa wisata Pujon Kidul menawarkan pemandangan pedesaan yang khas lengkap dengan sawah dengan latar belakang pemandangan gunung yang masih sangat indah.

Selain menikmati pemandangan, kita juga bisa bersantai sambil menyeruput kopi di kafe-kafe yang terletak di tepi sawah.

Pujon Kidul


Lokasi: Desa Pujon Kidul, Distrik Pujon
Harga Tiket Masuk: IDR 5.000,00 (mobil), Rp 2.000 (sepeda motor)

Candi Songgoriti
Terletak tidak terlalu jauh dari Kota Batu, kita dapat menemukan objek wisata Batu yang bersejarah, Candi Songgoriti. Tidak hanya menemukan reruntuhan peninggalan Hindu, kita juga dapat menemukan berbagai patung dan peninggalan lainnya.

Tidak jauh dari tempat wisata ini, ada juga kolam air panas yang bisa dicoba untuk merilekskan tubuh.

Candi Songgoriti


Lokasi: Jl. Trunojoyo No.36, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65312

Taman Wisata Selecta
Selecta Tourism Park adalah objek wisata di Batu yang menawarkan keindahan taman bunga yang dilengkapi dengan berbagai wahana yang dapat memberikan pengalaman berbeda menikmati taman dengan berbagai bunga berwarna-warni. Destinasi wisata Batu juga cocok untuk tujuan piknik bersama keluarga.

Taman Wisata Selecta


Lokasi: Jl. Raya Selecta No.1, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336
Harga Tiket Masuk: Rp25.000
Jam Operasi: 06.00 - 17.00 WIB

Arung Jeram di Kaliwatu
Jika Anda ingin memunculkan semangat petualang ketika mengunjungi Batu, maka tujuan wisata Kota Batu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Arung jeram sepanjang 7 km di sepanjang sungai Kaliwatu adalah salah satu pilihan wisata yang dapat meningkatkan adrenalin Anda.


Arung Jeram di Kaliwatu


Lokasi: Jl Diponegoro Pusata Oleh Oleh Dedua, Kec. Batu, Kota Batu

Museum Angkut
Museum Angkut adalah museum modern yang juga merupakan salah satu ikon wisata populer di Batu. Mengunjungi tujuan wisata Batu ini, kita dapat melihat banyak koleksi dan replika berbagai kendaraan pada periode waktu tertentu dan juga berbagai kendaraan yang nyatanya.




Lokasi: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314
Harga Tiket Masuk: Rp70.000 (hari kerja), Rp100.000 (akhir pekan)
Jam Operasi: 12.00 - 20.00 WIB

Alun-Alun Kota Batu
Alternatif lain daya tarik wisata kota Batu yang dapat dikunjungi saat berlibur ke kota Batu adalah alun-alun kota Batu tempat Anda dapat menikmati suasana taman kota yang indah sambil berpadu dengan lampu-lampu taman yang berkilauan di malam hari.

Salah satu daya tarik utama dari tujuan wisata kota Batu ini adalah adanya bianglala besar yang dapat didaki untuk melihat keindahan kota Batu dari ketinggian. Fasilitas seperti toilet dan taman bermain juga tersedia di area alun-alun kota Batu sehingga sangat cocok untuk menjadi tujuan wisata keluarga ketika akhir pekan tiba.


Alun-Alun Kota Batu


Lokasi: Jl. Agus Salim, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu

BNS (Batu Night Spectacular)
Ingin merasakan sensasi pasar malam yang spektakuler? Batu Night Spectacular dapat menjadi tujuan wisata Batu yang tepat untuk Anda! Berbagai wahana menarik mulai dari komidi putar hingga rumah hantu seram dan permainan menarik lainnya dapat ditemukan di tujuan wisata yang satu ini.

BNS (Batu Night Spectacular)


Lokasi: Jalan Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65316
Harga Tiket Masuk: Rp30.000,00 (hari kerja), Rp40.000 (akhir pekan)
Jam Operasional: 15.00 - 23.00 WIB

Jatim Park 1
Jawa Timur Park atau yang biasa disebut dengan Jatim Park adalah sarana rekreasi sekaligus belajar. Jatim Park sendiri merupakan ikon Jawa Timur dengan 56 wahana seperti kolam renang raksasa dengan latar belakang Ken Dedes, Ken Arok, dan Mpu Gandring, spinning coaster, drop zone, 3D Ghost Haunter, dan lainnya.

Wahana menarik yang ditemukan di tempat-tempat wisata ini termasuk Gunung Berapi, Galeri Nusantara, Pusat Sains, Flumride dan Mitologi, dan miniatur berbagai kuil di Indonesia.

Taman Jatim dinobatkan sebagai yang pertama oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam kategori pariwisata buatan skala besar di tingkat nasional. Harga tiket masuk untuk Jatim Park untuk hari kerja adalah 55.000 Rupiah sementara untuk akhir pekan dan hari libur 75.000 Rupiah.

Jatim Park 1


Lokasi: Jl. Agus Salim, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu

Jatim  Park  2
Jatim Park 2 terdiri dari kebun binatang , museum hewan, dan Tree Inn Hotel. Museum Satwa Liar sendiri adalah museum yang berisi binatang-binatang yang diawetkan dan juga fosil-fosil binatang purba yang diimpor dari berbagai belahan dunia.

Jika Anda puas melihat binatang yang dilindungi, maka Anda bisa melihat berbagai binatang yang masih hidup di Batu Secret Zoo. Batu Secret Zoo sendiri menawarkan konsep kebun binatang modern, di mana ada berbagai macam koleksi hewan dari berbagai belahan dunia yang ditempatkan di kandang yang dibuat menyerupai habitat alami mereka.

Kebun binatang ini menghadirkan tema berbeda di setiap lokasi penempatan hewannya. Mulai dari tema Savana, Kampung Afrika, Fantasy Land, River Adventure, Feeding Birds, Tiger Land, dan lainnya. Secret Zoo memenangkan penghargaan "Best Winner Traveler Choice 2014". Harga tiket masuk untuk hari kerja adalah 70.000 Rupiah sementara untuk akhir pekan dan hari libur 100.000 Rupiah.

Jatim  Park  2


Lokasi kebun binatang : Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315
Harga Tiket Masuk: IDR 84.000,00 (hari kerja), Rp 120.000 (akhir pekan)
Jam Operasi: 10:00 - 18:00 WIB

Paralayang & Rumah Pohon
Paralayang dan rumah pohon berada di satu area, tepatnya di Gunung Banyak. Di Gunung Banyak ini, Anda dapat menikmati seluruh pemandangan kota batu. Jika Anda berkunjung pada malam hari Anda dapat menikmati pemandangan kota Batu yang berkilauan lengkap dengan bintang-bintang berkilau yang menghiasi langit malam.

Anda yang suka suasana tenang bisa duduk di bangku kayu sambil menikmati suasana kota batu dari ketinggian. Sedangkan bagi Anda yang menyukai aktivitas ekstrim penguji adrenalin, Anda dapat mencoba paralayang. Tidak perlu khawatir jatuh karena Anda akan terbang ditemani pemandu.

Mengunjungi Paralayang, jangan lupa mampir ke rumah pohon. Pernah membayangkan tidur dan tinggal di rumah kayu dengan pemandangan alam yang menenangkan? Anda bisa menginap di Tree House.

Cukup dengan 250.000 - 350.000 Rupiah per malam, Anda dapat menghabiskan malam di rumah pohon. Jika Anda tidak ingin menginap, Anda dapat melihat-lihat sambil mengambil gambar dengan biaya 5.000 Rupiah.

Lokasi: Jl. Songgokerto, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu

Coban Talun
Instagrammers harus mengunjungi tempat wisata alam di Batu yang satu ini. Banyak tempat indah, hits dan tidak dapat ditemukan di tempat lain yang dapat Anda ambil foto dan unggah ke akun IG Anda. Dijamin, banyak foto Anda akan disukai dan follower Anda akan iri.

Coban Talun


Lokasi: Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 07:00 hingga 17:00
Harga tiket: Rp 10.000 per orang

Coban Putri 
Tujuan wisata alam di Batu ini bisa dikatakan masih baru dan belum banyak orang tahu keindahannya. Selain air terjunnya yang sejuk dan indah, ada objek lain untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam bukit dan lembah di kota Batu.

Lokasi: Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 9:00 pagi hingga 4:00 sore
Harga tiket: Rp 5.000 - 10.000

Goa Pinus
Ingin menikmati udara sejuk, pemandangan indah, dan spot foto menarik? Wisata alam di Batu yang harus didatangi adalah Goa Pinus! Anda bisa berfoto selfie di berbagai tempat menarik atau hanya beristirahat di bawah naungan pohon pinus.

Lokasi: Gg. Mbah Ba'i, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 7:00 hingga 18:00
Harga tiket: IDR 5.000 per orang

Taman Langit
Kapan lagi bisa bertemu dengan singa bersayap, angsa raksasa dan mengepakkan sayap di puncak Kota Batu? Taman Langit menawarkan semua sensasi ini! Dengan pemandangan yang asri dan banyak tempat menarik untuk berfoto, wisata alam di Batu ini cocok untuk Anda yang ingin bersantai dan mengobrol dengan keluarga.

Lokasi: Jl. Mt. Many, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 07:00 hingga 17:00
Harga tiket: Rp 10.000 per orang

Jatim Park 3 
Jatim Park 3 dibuka pada November 2017. Wahana yang dibuat oleh Jatim Park Group mengambil tema Dino Park atau Dinosaur Park sebagai tempat utamanya.

Dino Park
Jawa Timur Park 3, memilih Dino Park sebagai tempat unggulan karena Dinosaurus adalah hewan purba yang semua orang kenal dan sukai. Di dalam Dino Park, Anda akan dibawa ke area yang belum pernah Anda bayangkan sebelumnya, seperti area Zaman Es, Taman Dino di Timur Tengah, dan banyak lagi.

Harga Tiket Masuk: IDR 100.000
Jam buka: 11.00-18.00 WIB

Fun Tech 
Di wahana Fun Tech ini, Anda akan mengalami bermain game futuristik yang menggunakan teknologi terbaru seperti teknologi Virtual Reality (VR). Seolah-olah Anda ikut bermain dalam game dan rasakan sensasi karakter yang bermain di dalam game. Sangat menarik bukan ..

Harga Tiket Masuk: Rp30.000 / 2 jam
Jam buka: 11-21.00 WIB

The Legend Star
The Legend Star adalah salah satu wahana di Jatim Park 3 yang dibuka untuk pertama kalinya di Indonesia yang menghadirkan ratusan tokoh lilin tokoh dunia dan seniman internasional. Anda dijamin dimanjakan dengan pengalaman liburan yang luar biasa berbeda dari yang lain.

Di sini ada juga replika negara-negara terkenal di dunia seperti Hollywood, Korea, Jepang, Taj Mahal India, Gedung Putih di Amerika Serikat dan banyak lagi. The Legend Star cocok untuk segala usia.

Harga Tiket Masuk: IDR 100.000
Jam buka: 13.00-21.00 WIB

Galeri Musik Dunia
Di satu tempat di Jatim Park 3 ada juga tempat bagi pecinta musik dunia. Di Galeri Musik Dunia ada koleksi alat musik dari seluruh dunia dan juga tokoh lilin tokoh musik dunia. Anda dapat mengambil gambar sebanyak yang Anda inginkan di sini.



Harga Tiket Masuk: Rp50.000
Jam buka: 11.00-21.00 WIB

Infinity World 
Jika diartikan maka Dunia Tanpa Batas. Ya, di Infinity World Anda dapat merasakan ruang tanpa batas dengan desain masa depan. Tempat ini memiliki ruang sekitar 600m2. Jika Anda memasuki ruangan ini, Anda diharuskan mengenakan sarung tangan dan kaus kaki agar tidak tergelincir karena tempat ini memiliki lantai dan dinding kaca, selain menjaga kualitas kaca tetap terjaga.

Harga Tiket Masuk: Rp30.000
Jam buka: 11.00-21.00 WIB

Taman Bunga Matahari dan Peternakan Kuda Megastar
Bagi Anda yang tidak tahu, ternyata ada Taman Bunga Matahari di Batu, lho, yang hits di kalangan anak muda. Pengunjung yang datang ke objek wisata ini, tidak lain adalah mengabadikan foto di area taman bunga matahari. Kita tahu bahwa bunga matahari tidak selalu mekar sepanjang tahun, jadi ketika bunga matahari di taman ini mekar pada waktu yang tepat, tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan.

Masih di satu lokasi dengan taman bunga matahari, ada area peternakan kuda Megastar. Peternakan kuda ini juga mengusung konsep pariwisata, di mana pengunjung dapat melihat kuda-kuda yang dipelihara di sini. Selain itu Anda juga mencoba mengendarai kuda di sekitar area pertanian, tentu saja, ditemani oleh instruktur. Tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi oleh orang dewasa dan anak-anak.

Harga Tiket Masuk: Rp25.000
Jam buka: 08.00 - 16.00 WIB
Lokasi peta: Jalan Oro-oro Ombo, Batu

Pilih Apel di Kusuma Agro Tourism
Wisata Agrowisata Kusuma adalah salah satu penyedia objek wisata memetik apel di Kota Batu. Sebenarnya ada banyak lokasi kebun apel yang tersebar di beberapa lokasi di Kota Batu yang dikelola oleh petani, tetapi kebun apel di Wisata Agrowisata Kusuma sering dikunjungi oleh wisatawan.

Di Kusuma Agro Tourism Anda tidak hanya dapat memetik apel tetapi ada buah-buahan lain yang juga dapat Anda pilih seperti jeruk, stroberi, buah naga. Sangat mengasyikkan bukan ..

Selain memetik buah, Kusuma Agrowisata juga menyediakan beberapa fasilitas bermain anak-anak seperti mengendarai ATV di sekitar area taman, dan permainan perang / paintball. Cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 50.000, - Anda dapat menikmati sensasi bagaimana memetik buah langsung dari pohonnya.

Pilih Apel di Kusuma Agro Tourism


Harga tiket masuk: mulai Rp 50.000
Jam buka: 07.00 - 17.00 WIB
Lokasi Peta: Jalan Abdul Gani Atas

Wisata Memetik Strawbery
Dengan suhu yang dingin, wilayah kota Batu sangat cocok untuk tanaman seperti stroberi. Di Straberry Highland, ada taman stroberi yang besar. Taman ini dibuka untuk umum sejak beberapa tahun yang lalu. Sejak dibuka hingga sekarang taman ini selalu dipadati wisatawan. Buah strawberry sendiri telah menjadi buah favorit bagi semua orang, baik orang dewasa maupun anak-anak.

Di taman Highland Strawberry, jenis stroberi yang ditanam adalah California. Buah strawberry jenis ini adalah yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia, rasanya manis sedikit asam. Di kebun strawberry ini sudah disediakan berbagai macam fasilitas, seperti tempat parkir yang luas, toilet, dan food court.

Harga Tiket Masuk: Rp15.000
Jam buka: 08.00 - 17.00 WIB
Lokasi Peta: Desa Pandesari, Pujon Malang

Tempat wisata lainnya yang ada di Batu Malang adalah :
- Labirin coban rondo, lokasi: Jl. Coban Rondo, Desa Pandesari, Pujon, Batu
- Museum Satwa, lokasi: Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu
- Pura Luhur Giri Arjuno, lokasi: Tulungrejo, Bumiaji, Tulungrejo, Kota Batu
- Rumah Terbalik Batu, lokasi: Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu
- Jelajah 5 Benua, lokasi: Jl. Jatim Park II, Temas, Kec. Batu, Kota Batu
- Museum Tubuh, lokasi: Jl. Kartika No. 2, Sisir, Batu, Kota Batu
- Kusuma Waterpark, lokasi: Jl. Abdul Gani Atas, Ngaglik, Batu Sub-District, Batu City
- Batu Wonderland, lokasi: Jl. Imam Bonjol Bawah No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu
- Pasar Wisata Batu, lokasi:Jl. Dewi Sartika, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu
- Sumber Air Torong Park Batu, Lokasi: Jl. Welirang, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu
- Masjid Agung An Nuur Batu, lokasi: Jl. Gajah Mada, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu

Demikian, kmpulan wisata tempat wisata di Batu Malang terfavorit yang instagramable juga murah meriah


Sumber :
https://wisatalengkap.com/tempat-wisata-batu-malang-terbaruib-dikunjungi/3/
https://www.tokopedia.com/blog/travel-objek-wisata-di-batu-terbaik/
https://anekatempatwisata.com/10-tempat-wisata-di-batu-malang-yang-sayang-dilewatkan/
https://www.tripzilla.id/tempat-wisata-alam-di-batu/3176
https://ongistravel.com/wisata-malang-batu/

Back To Top