Tempat Wisata di Tasikmalaya Gunung Galunggung

Tempat wisata di Tasikmalaya Gunung Galunggung - Gunung Galunggung merupakan salah satu gunung berapi aktif di Provinsi Jawa Barat. Lokasi Gunung Galunggung dengan ketinggian 2.167 mdpl ini terletak di Desa Linggajati, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat Indonesia. Jaraknya cuma seputar 17 Km saja dari pusat kota Tasikmalaya.

Gunung Galunggung ini merupakan gunung yang jadi kebanggaan warga Tasikmalaya. Di logo Kabupaten Tasikmalaya dan Kota Tasikmalaya juga ada gambar Gunung Galunggung.

Walaupun gunung ini masih aktif, namun tetap saja banyak wisatawan lokal dan mancanegara datang berkunjung untuk menikmati keindahan pemandangan yang disajikan di Gunung Galunggung terutama kawahnya yang memiliki danau hijau yang cantik.

Berdasarkan sejarah, Gunung Galunggung Tasikmalaya meletus untuk yang pertama kalinya pada tahun 1822 yang sudah menelan korban sejumlah lebih dari 4 ribu jiwa. Kemudian gunung Galunggung meletus lagi pada tahun 1894 serta memakan korban jiwa antara 500 sampai 1000 orang. Gungung Galunggung terakhir meletus pada tahun 1982 dengan dahsyatnya sambil mengeluarkan lahar dan abu yang menjangkau lebih kurang 20 km ke lapisan udara sehingga menyebabkan kabut abu setebal 3 centimeter.

Tempat wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya ini merupakan tempat wisata andalan pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. Tempat wisata alam ini memiliki 2 destinasi wisata yang cukup menarik yaitu destinasi utama berupa Kawah Galunggung yang memiliki danau hijau yang jelita serta pemandian air panas Gunung Galunggung.

Objek wisata Kawah Galunggung merupakan destinasi yang sering dikunjungi oleh anak muda dan para pecinta alam. Kawasan wisata kawah Galunggung ini tidak jarang dijadikan ruangan foto-foto dikarenakan pemandangannya yang eksotis.

Untuk menuju objek wisata alam Gunung Galunggung, terdapat 3 alternatif akses menuju ke sana. Pertama dari arah Kota Tasikmalaya, ayitu dari Indihiang sampai ke Sukaratu, ke-2 dari perempatan pesantren Cipasung belok ke arah kanan, ke 3 dari Cisayong.

Dari ketiga jalur terebut, Saya menganjurkan Anda untuk melewati jalur Cisayong, sebab jalannya yang paling bagus, sedangkan jalur dari Indihiang dan Singaparna dan Cipasung lumayan parah jalannya. Kalau melewati jalur Singaparna pas musim hujan, jalanan akan becek dengan lumpur.

Jika Anda memakai kendaraan pribadi atau menaiki kendaraan umum dari kota Tasikmalaya, maka Anda bisa sampai di tempat tujuan wisata sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan. Jika anda berasal dari ibu kota Jakarta dan ingin berkunjung ke objek wisata ini, maka diperlukan waktu sekitar tujuh jam sampai dengan delapan jam dengan kendaraan pribadi atau bus. Oleh karena itu, Saya anjurkan Anda untuk memulai mengawali perjalanan dari Jakarta di malam hari sehingga nantinya Anda akan tiba di objek wisata Gunung Galunggung saat pagi hari.

Untuk masuk ke tempat wisata Gunung Galunggung ini, wisatawan bakal dikenakan tiket masuk wisata Galunggung atau retribusi sebesar Rp. 6.500 per orang. Seandainya yang mau masuk ke kawah, maka bayar lagi Rp. 2000 serta parkir.

Untuk yang mau tiba di puncak gunung, kita harus menempuh 2 alternatif rute pendakian. Pertama, rute pendakian yang biasa dipakai wisatawan ialah melintasi 620 anak tangga Gunung Galunggung hingga ke puncak yang tentunya sangat melelahkan sekali.


Anak tangga Gunung Galunggung

Anak tangga Gunung Galunggung

Dalam perjalanan menuju puncak Gunung Galunggung lewat rute ini, Anda pun dapat beristirahat sejenak dan berfoto-foto untuk menikmati pemandangan sekitarnya yang sangat indah. Kita dimanjakan oleh pemandangan alam yang mengagumkan seperti Hutan Ericaceous dan Hutan Montane sambil menikmati sejuknya udara segar dan angin sepoi-sepoi meniup dibawah pohon-pohon rindang.

Jadi untuk menuju kawah yang berada di puncak gunung ini, para wisatawan tidak perlu bersusah payah mendakinya menggunakan berbagai alat pendakian karena pengunjung sudah disediakan anak tangga hingga sampai ke puncak.

Rute ke-2 yakni menuju ke rute terowongan pembuangan air, dari pintu masuk kawah belok ke arah kiri. Panorama alam yang disuguhkan di arah ini lebih indah dan mengagumkan. Di sini ada prasasti Pembuangan air tapi warung di sini lebih sedikit tak seperti di arah anak tangga.

Jika Anda sudah sampai di daerah kaldera kawah Gunung Galunggung, maka tidak jauh dari sana Anda akan melihat beberapa air terjun yang menghiasi lereng-lereng dibawahnya. Ini merupakan pemandangan yang sangat menakjubkan, dan rasa lelah akan hilang dengan sesaat.

Letak kawah yang indah ini berada di puncak gunung Galunggung, dengan airnya yang berwarna hijau serta terdapat banyak ikan warna warni berseliweran di danau. Bagi yang hobi mancing, pasti bisa menangkap ikan di danau dasar kawah gunung Galunggung.

Tempat Wisata di Tasikmalaya Gunung Galunggung

Danau Kawah Gunung Galunggung

Di tengah-tengah kawah gunung Galunggung, Anda bisa melihat satu buah gugusan pulau kecil. Di puncak pulau tersebut tertancap tiang bendera Merah Putih yang berkibar dengan sangat gagahnya. Tak jauh dari objek wisata kawah gunung Galunggung ini tidak sedikit ada warung-warung makan yang menjajakan masakan, makanan-makanan ringan dan minuman segar.  Hal yang dilarang dikerjakan di area yang satu ini adalah berenang di kawah gunung. Mengapa ? Sebab disamping berbahaya juga terdapat misteri Gunung Galunggung yang melegenda.

Wisatawan yang mau berlama-lama atau bermalam di objek wisata Gunung Galunggung dapat mendirikan tenda disekitar kawah. Selain kita bisa berkemah dan memancing di area ini, gunung ini juga mempunyai beberapa fasilitas lain yang disediakan oleh Perum Perhutani seperti pemandian air panas, dan kolam renang.

Kamar mandi beserta bak untuk berendam air panas pun juga disediakan bagi para pengunjung. Ada juga kolam untuk anak-anak. Kita bisa berendam di ruangan wisata air panas Galunggung dengan membayar tiket cuman Rp. 5.000 per orang. Kita boleh memilih ingin menikmati air panas di sungainya atau di kolam air panas buatan.

Spot menarik yang lain di tempat wisata alam Gunung Galunggung Tasikmalaya yaitu curug atau air terjun yang indah sekali. Apabila mau masuk ke kawasan curug tersebut kita mesti bayar lagi Rp. 10.000/ orang. Disini juga tidak sedikit kios-kios, penjual bakul makanan, asesoris dan oleh-oleh.

Demikianlah ulasan penulis tentang objek wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya, mudah-mudahan bisa jadi referensi liburan akhir minggu Anda dengan keluarga tercinta atau sahabat-sahabat dekat.

Sumber :
http://www.wisatakotabanjar.com/2016/05/objek-wisata-gunung-galunggung.html
https://wisatanesia.co/objek-wisata-gunung-galunggung-tasikmalaya/
http://indonesiaexplorer.net/objek-wisata-gunung-galunggung-jawa-barat.html
http://hayutravelling.blogspot.co.id/2015/02/wisata-gunung-galunggung-tasikmalaya.html

Back To Top