Tempat Wisata di Serang Banten

Serang merupakan salah satu daerah yang berada di Provinsi Banten. Lokasinya di sebelah barat Kabupaten Tangerang. Sejak pertengahan tahun 2007, wilayah Serang telah dibagi menjadi dua wilayah administratif, yaitu Kota Serang dan Kabupaten Serang. Mengingat potensi wisata ini, ternyata daerah ini memiliki banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi.

Selain pantai eksotis, Serang juga memiliki bangunan bersejarah dan pulau-pulau kecil yang asyik untuk dijadikan liburan. Pengunjung tidak perlu bingung dengan pilihan pemandangan di daerah ini karena pilihannya sangat banyak. Inilah tempat wisata yang direkomendasikan di Serang untuk berlibur.

Pantai Anyer
Pantai Anyer tidak hanya menjadi tempat liburan paling disukai warga Serang atau Banten tapi pantai kece ini sudah lama menjadi tujuan favorit warga Jakarta. Pantai Anyer terletak di kabupaten Anyer dan telah dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang memadai sebagai tempat tujuan wisata.

Pantai Anyer telah berkembang menjadi resor komersial sejak tahun 1980an. Sampai saat ini pantai berombak ini tetap menjadi pemburu sekitar Serang. Mereka yang datang akan disuguhi pemandangan pantai yang asri, sunset yang indah dan berbagai macam aktivitas seru di air. Bagi yang ingin menginap, banyak akomodasi yang tersedia mulai dari kelas backpacker sampai hotel berbintang.

Pulau Tunda
Banyak pulau kecil di sebelah utara Teluk Banten bisa digali untuk dijadikan tempat wisata yang menarik. Salah satu pulau yang kini sedang dikembangkan sebagai daerah tujuan wisata adalah Pulau Tunda, sebuah pulau seluas 300 hektare yang berada di wilayah administrasi Kabupaten Serang.

Pulau ini bisa diakses melalui Tol Kebon Jeruk-Merak dan keluar di Gerbang Tol Serang Timur. Kemudian perjalanan dilanjutkan ke dermaga kecil bernama Karang Hantu. Pulau Tunda memiliki pemandangan laut yang biru. Daya tarik utama pulau ini terletak pada taman di bawah air  yang begitu indah. Jadi mereka yang berkunjung umumnya datang untuk snorkeling atau menyelam.

Pulau Sangiang 
Jika sebelumnya kita mengenal Tujuh Keajaiban Dunia maka di Banten kita akan mengenal istilah The Seven Wonders of Banten yang mengacu pada tempat wisata yang sangat eksotis bernama Taman Wisata Alam Pulau Sangiang. Pulau kecil ini terletak di Desa Cikoneng, Kabupaten Anyer, Kabupaten Serang.

Pulau Sangiang merupakan tujuan wisata yang menggabungkan wisata alam, sejarah dan wisata ilmiah. Pasalnya di pulau ini ada berbagai flora dan fauna langka dan menyimpan kekayaan ekosistem. Pulau ini bisa ditempuh dengan kapal selama satu jam. Sesampainya di lokasi para musafir pasti tidak sabar untuk segera nyebur ke laut jernih dan penuh dengan terumbu karang dan ikan kecil.

Masjid Agung Banten 
Selain pemandangan di atas masih ada satu yang tak bisa dilewatkan yakni mengunjungi Masjid Agung Banten yang sarat dengan nilai sejarah dan religius, pas untuk mencari ketenangan jiwa. Masjid Banten adalah salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid ini dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin (1552-1570), sultan pertama Kesultanan Banten dan dia adalah putra pertama Sunan Gunung Jati.


Tempat Wisata Masjid Agung Banten


Masjid ini memiliki arsitektur khas yang memiliki menara yang mirip dengan mercusuar. Atap bangunan masjid ini tak kalah unik karena mengadopsi bentuk pagoda. Setiap hari masjid ini tidak pernah sepi pengunjung yang datang dengan tujuan berziarah atau beribadah.

Pantai Marina 
Objek wisata Pantai Marina Anyer di Cinangka Serang Banten ini menawarkan olahraga air dan juga permainan air. Pilihan olahraga dan permainan air sangat banyak dibandingkan dengan yang ada di pantai lainnya.

Pantai Marina memiliki beberapa fasilitas lengkap. Ada banyak media akomodasi yang mendukung kawasan pantai Anyer ini, semacam villa dengan ressort yang menggoda. Disini Anda bisa merasakan suasana pantai yang khas. Anda bisa menggunakan liburan di Pantai Marina ini sambil menyantap makanan yang dijual oleh penduduk setempat di kawasan pantai Marina.

Pantai Sambolo 
Pantai Sambolo Anyer di Bandulu Serang Banten kini telah menjadi tempat tujuan wisata yang ramai ramai dikunjungi wisatawan. Meski begitu keindahan pantai tetap terjaga dan terjaga.

Sambolo unggul dengan pantai yang bersih dan bebas karang sehingga aman untuk dimainkan terutama untuk anak kecil. Apalagi Pantai Sambolo merupakan kawasan yang strategis untuk menikmati keindahan matahari terbenam karena letaknya tepat di Banten Barat.

Bisa juga menikmati matahari terbit, meski kemunculannya di bagian belakang pantai, namun keindahan pantulan cahaya saat matahari terbit yang menutupi daerah Pantai Sambolo sering disebut surga duniannya daerah Anyer.

Pantai Sambolo juga unggul dengan banyak pilihan kegiatan pantai dan air yang menarik dengan harga terjangkau. Misalnya, penyewaan ATV untuk menikmati suasana di sepanjang pantai, dan permainan airnya cukup lengkap seperti Speed Boat, Donat boat, jet ski, parasailing, dan snorkeling juga.

Pantai Karang Bolong 
Pantai Karang Bolong di Cinangka Serang Banten adalah salah satu pantai paling unik di daerah sekitar pantai Anyer. Menurut cerita, tempat ini awalnya dikenal dengan sebutan Karang Suraga, yang diambil dari seorang yang berpengetahuan tinggi dan dipenjarakan di tempat ini sampai akhir hayatnya.

Seiring perkembangannya, pantai ini mulai dikenal dengan nama Karang Bolong. Seperti namanya, di pantai ini memang ada karang besar berongga (bolong dalam bahasa Sunda).


Tempat Wisata Pantai Karang Bolong Serang


Ahli geologi memperkirakan lubang ini berasal dari erosi air laut dalam waktu lama. Ada juga yang mengklaim bahwa lubang itu terbentuk akibat letusan gunung Krakatau. Sampai saat ini, penyebab karang cekung belum diketahui secara pasti.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, Anda bisa menggelar alas dan piknik di tepi pantai menikmati hembusan angin laut dan suara ombak khas. Ada juga beberapa bebatuan besar yang bisa Anda jadikan tempat duduk sambil menikmati pemandangan laut yang indah. Saat laut surut, Anda bisa menyusuri terumbu karang yang tidak tenggelam oleh air laut. Tidak bisa berenang disini, karena pantainya berbatu.

Curug Sawer
Curug Sawer di Ciomas Serang Banten merupakan salah satu tujuan wisata berupa air terjun alam di Kabupaten Serang. Tempat wisata ini sangat tersembunyi dan hanya sedikit orang yang mengetahuinya, karena jaraknya dari jalan raya menuju objek wisata ini sekitar 2 km.


Tempat Wisata Curug Sawer Serang


Tempat wisata ini sangat cocok untuk dikunjungi, cocok untuk liburan dan olah raga, karena untuk mengunjungi tempat ini Anda serasa seperti mendaki gunung. Namun saat Anda sampai di tempat ini Anda akan menemukan air terjun ynag jernih dan air dingin seperti es. Sepanjang jalan Anda akan mendapati hamparan sawah dan gunung.

Pulau Lima
Banyak pulau kecil di sekitar perairan Serang tapi jika traveler mencari paket perjalanan yang lengkap dan murah, maka bisa didapat dengan datang ke Pulau Lima. Pulau ini bisa diakses dari pelabuhan Karangantu, Serang, Banten selama 20 menit perjalanan laut. Lima Kepulauan memasuki jajaran tempat wisata yang baru dikembangkan sehingga masuk akal jika banyak promo murah ngetrip  ke pulau ini.

Berbagai jenis aktivitas air yang bisa dinikmati para pelancong di Pulau Lima meliputi snorkeling, naik perahu pisang, dan memancing dari dermaga. Jika Anda butuh istirahat bisa langsung berlindung di gazebo-gazebo yang tersedia secara gratis. Pulau ini masih relatif sepi sehingga nyaman dikunjungi jika Anda termasuk traveler yang menyukai suasana yang sepi dan alami.

Rumah Hutan 
Bepergian dan juga mendekat dengan alam dapat dilakukan dengan mengunjungi Rumah Hutan yang terletak di desa Bojong, desa Cidampit, kecamatan Taktakan, kota Serang. Sebenarnya rumah pohon ini adalah properti pribadi namun pada akhir pekan dan hari libur nasional banyak pelancong yang datang untuk rekreasi dan berkerumun di sekitar lokasi sehingga namanya melambung ke permukaan.

Suasana di Rumah Hutan sangat indah dan alami. Pelancong dengan mudah mendengar nyanyian alam melalui kicauan burung dan suara pepohonan yang terbanting angin. Di tempat ini ada rumah di atas panggung dan juga sebuah gardu yang bisa digunakan untuk beristirahat.

Pantai Lontar
Butuh tempat liburan yang nyaman di pantai sambil menyaksikan kapal nelayan yang lewat pergi memancing? Pantai Lontar adalah jawabannya, pantai ini bisa dijumpai di Kabupaten Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten. Pada siang hari akan terlihat banyak kapal nelayan sedang memancing. Pelancong bebas melakukan apapun di pantai ini dari bermain pasir atau berenang di pantai.


Tempat Wisata Pantai Lontar Serang


Vihara Avalokitesvara 
Vihara Avalokitesvara di Kasemen Serang Banten ini terkait dengan Syarif Hidayatullah atau yang dikenal dengan nama Sunan Gunung Jati. Penyebar agama Islam di tanah Jawa ini memiliki seorang istri yang masih keturunan kaisar Cina, Putri Putri Ong Tien. Melihat banyaknya pengikut sang putri yang masih memegang teguh kepercayaan, Sunan Gunung Jati membangun sebuah vihara di tahun 1542 di wilayah Banten. Namun, pada tahun 1774 vihara dipindahkan ke Pamarican sampai sekarang.

Versi lain menyebutkan, wihara ini dibangun pada tahun 1652. Yakni di era keemasan kerajaan Banten saat dipimpin oleh Sultan Ageng Tirtayasa. Sebuah gerbang dengan atap yang dihiasi dua naga yang berkelahi di atas mustika cahaya (matahari) menyambut pengunjung di pintu masuk sebelum pengunjung masuk lebih banyak ke vihara yang memiliki nama lain dari kelenteng Tri Darma.


Tempat Wisata Vihara Avalokitesvara Serang


Nama Tri Dharma diberikan karena melayani kepercayaan tiga orang sekaligus. Yakni Kong Hu Cu, Taoisme, dan Budhisme. Meski ditujukan untuk 3 jemaat namun bagi wisatawan yang beragama lain diperbolehkan untuk mengunjungi dan melihat bangunan yang saat ini termasuk dalam warisan budaya di Provinsi Banten. Biara Avalokitesvara memiliki luas 10 hektare dengan altar Dewi Kwan Im sebagai altar utama.

Pantai Ciputih 
Pantai ini terletak di jalan menuju Ujung Kulon. Jaraknya dari kota Serang sekitar 112 km. Akses jalannya buruk sekali dari Cibaliung, tapi terbayarkan setelah sampai di sini. Pasirnya putih dan air lautnya sangat bersih, pengunjung jarang sehingga hampir tidak ada sampah. Pantai Ciputih ini masih sangat asri karena masih jarang dikunjungi wisatawan belum begitu terkenal. Namun panorama keindahan pantainya tidak kalah dengan Tanjung Lesung. Wisatawan berada disini dapat melihat keindahan sunsetnya yang begitu memukau.

Pelabuhan Karangantu 
Di sini Anda hanya akan menemukan dermaga, pelabuhan kapal dan tempat pelelangan ikan. Tapi kalau mau beli ikan, di sini tempat yang tepat. Harganya sangat murah, kalau mau mah datangnya harus agak pagian agar banyak pilihan ikan segarnya. Di sini juga ada tempat pelelangan ikan, tentunya ikan yang di jual segar segar dengan harga yang murah. Nelayan berlabuh di sini dan menjual ikannya pada tengkulak. Tidak banyak yang bisa dilihat selain jemuran ikan asin dimana-mana, perahu perahu dan rumah-rumah kayu. Minusnya, jalan ke sini agak rusak kalay lewat Kasemen.

Bagi anda yang suka fotografi Human Interest, disini bisa memotret aktifitas nelayan sehari-hari. Pelabuhan ini juga sebagai penghubung jika kita ingin berkunjung ke pulau-pulau yang terletak di utara Banten seperti pulau tiga, pulau lima dan pulau burung. Pelabuhan Nusantara Karangantu merupakan pelabuhan Nusantara yang berada di bawah Naungan Kementerian Kelautan Perikanan. Pelabuhan ini pada mulanya merupakan pelabuhan kayu yang didistribusikan di wilayah Banten dan Jawa Barat.

Pulau Dua
Pulau Dua di Kasemen Serang Banten atau pulau Burung secara administratif berada di desa Sawah Luhur, Kabupaten Kasemen Serang, Provinsi Banten. Ketika Anda pertama kali sampai ke tempat ini Anda mungkin akan bertanya-tanya mengapa disebut pulau, padahal datarannya tidak terpisah. Ternyata, pulau Burung adalah sebuah pulau yang terpisah dari Jawa dulunya, dipisahkan oleh selat seluas 500 m. Saat ombak surut, kedua daratan itu bersatu.

Namun, karena pendangkalan Sungai Cibanten sehingga pengaruhnya terhadap ketinggian tanah dan batas antar pulau menjadi tidak jelas. Akhirnya pulau Burung menjadi sedaratan bersama dengan pulau Jawa. Kawasan yang hanya 8 hektare itu menjadi 30 hektare setelah pulau burung daratan bersatu dengan pulau Jawa. Pohon bakau dan burung berkicau akan menyambut Anda saat Anda tiba di pulau ini.

Tempat Wisata Pantai Dua Serang


Dari depan, pulau ini terlihat seperti hutan kecil yang rimbun di pantai. Kawasan cagar alam pulau ini memiliki ekosistem tanaman tropis di pesisir. Didominasi oleh vegetasi mangrove dan tanaman lainnya seperti pohon dada, ketapang, kepuh dan cangkring. Tempat ini disebut pulau burung bukan tanpa alasan. Saat itulah burung dari berbagai tempat berkumpul saat bermigrasi. Mereka berhenti dan berkembang biak di sini.

Keraton Surosowan 
Keraton Surosowan di Kasemen Serang Banten memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat disayangkan jika Anda berada di kota Serang tidak mengunjungi Istana Surosowan yang memiliki keindahan yang tak ada duanya. Keraton Surosowan sangat cocok untuk mengisi aktivitas liburan anda, terutama saat liburan panjang seperti hari libur nasional, atau hari libur lainnya.


Tempat Wisata Keraton Surosowan Serang

Pantai Jambu 
Pantai Jambu di Bulakan Serang Banten agak agak mirip dengan cekungan sehingga jika tidak terlihat jeli maka akan cukup sulit ditemukan. Di sekitar pantai ini banyak daerah dangkal yang aman dan tidak perlu khawatir tersapu ombak. Selain itu, pantai ini juga memiliki ombak yang tenang karena berdekatan degan Selat Sunda, sangat cocok dijadikan tempat tujuan wisata air dengan anak-anak dan keluarga.

Mengingat lokasinya yang jarang disentuh, kebersihan dan kealamian pantai ini masih sangat terjaga dengan hamparan pasir putih dan lembut yang memberi kenyamanan. Panorama dan suasananya yang ditawarkan Pantai Jambu juga lebih menarik, menenangkan dan indah dibanding deretan pantai lainnya di Anyer.

Tempat Wisata Pantai Jambu Serang


Air lautnya begitu jernih dengan warna hijau kebiruan, pasir pantai juga lebih putih dan lembut dibanding pantai lainnya di Anyer. Belum lagi angin sepoi-sepoi dan saung bambu yang ada di daerah ini membuat siapapun yang mengunjunginya bisa merasakan ketenangan dan terbebas dari kelelahan.

Benteng Speelwijk
Lokasi Benteng Speelwijk di Kampung Pamarican, Desa Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten. Menurut sejarawan Bantenologi, Mufti Ali Ph.D, ada pemahaman umum yang harus diluruskan tentang benteng tersebut. Umumnya, masyarakat menilai Benteng Speelwijk dibangun oleh Belanda, pengertiannya tidak salah, tapi tidak sepenuhnya benar.


Tempat Wisata Benteng Speelwijk Serang


Menurutnya, benteng tersebut dibangun pada masa Kesultanan Banten yang berfungsi untuk menahan serangan dari laut, yang terletak tepat di sisi utara Kesultanan. Diarsiteki orang-orang yang beriman Sultan Ageng Tirtayasa. Bangunan ini merupakan salah satu alasan mengapa Kesultanan Banten memiliki pertahanan yang sulit ditembus dari laut oleh penyerang dari Eropa yang ingin masuk nusantara.

Pantai Marbella 
Pantai Marbella Anyer di Bandulu Serang Banten terletak disebelah pantai Sambolo. Jika Anda menelusuri garis pantai maka Anda akan menemukan pantai Marbella ini. Pantai ini disebut pantai Marbella karena letaknya tepat di depan Hotel Marbella. Pantai Marbella tergolong bersih dan ada banyak saung di pantai. Pantai Marbella adalah tujuan pantai di Anyer yang menarik untuk dikunjungi saat liburan atau Tahun Baru.


Tempat Wisata Pantai Marbella Serang


Meski Pantai Marbella termasuk pantai yang ramai dikunjungi wisatawan, namun pantai berpasir putih ini bersih dan terawat. Apalagi di sekitarnya ada berbagai tipikal kuliner pantai seperti seafood hingga es kelapa, begitu pula aneka cinderamata serta tato temporer. Untuk permainan air, fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, mulai dari boogy, selancar, banana boat dan banyak lagi.

Pantai Pasir Putih Florida 
Pantai Pasir Putih Florida di Anyer Serang Banten memiliki garis pantai yang panjang dan landai tanpa karang. Pantai Florida adalah pantai yang bagus untuk menikmati matahari terbenam saat menghadap barat. Karakter ombak dan pasir membuat wisatawan ingin bersantai. Mau main air pun aman.


Tempat Wisata Pantai Pasir Putih Florida Serang


Anda bisa menikmati matahari terbenam ke tempat tidurnya. Jika cuaca mendukung, kita bisa melihat matahari terbenam yang sangat indah. Jaring berwarna oranye akan mewarnai cakrawala, sementara ombak yang tenang dan teratur menambah irama ritme membuai hati.

Curug Cigumawang 
Lokasi Curug Cigumawang terletak di Desa Bugel, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Banten. Curug Cigumawang memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Air dari air terjun ini berasal dari mata air yang terletak di Gunung Buntu. Jika Anda menelusuri musim semi ini akan terlihat batu yang sangat besar yang menutupi sumber air untuk membentuk arus kecil yang mengalir melewati kanan air terjun.


Tempat Wisata Curug Cigumawang Serang


Selain itu, lokasi Curug Cigumawang juga sering dijadikan tempat untuk berbagai kegiatan seperti outbound, dan camping. Lokasinya yang penuh dengan berbagai jenis pepohanan hijau dan berdaun menyebabkan sensasi sejuknya udara segar di sekitar Curug Cigumawang. Selain itu, lokasi di sekitar Curug Cigumawang yang terdapat banyak tebing tinggi, juga berfungsi sebagai salah satu lokasi untuk melakukan kegiatan atau olah raga Panjat Tebing oleh wisatawan.

Pantai Labuan 
Pantai Labuan di Mancak Serang Banten cukup bagus dan bersih. Kotoran yang ada adalah kotoran alami seperti ranting tua, tempurung kelapa dan kerang yang berserakan, bukan sampah plastik seperti pantai di kota-kota besar. Gelombangnya cukup tenang, seperti ombak di pantai utara Jawa.


Tempat Wisata Pantai Labuan Serang


Cukup nyaman juga berada di pantai dengan iringan ombak dan gesekan daun kelapa yang merdu. Apalagi saat di sana, kondisi pantai sepi sehingga bisa menikmati suasana ini sepenuhnya.

Pantai Cibeureum 
Pantai Cibeureum memiliki suasana teduh yang langsung terasa karena deretan pohon kelapa tumbuh melonjak hingga ke tepi pantai. Daun lebat membuat siapa saja yang berada di sini terlindungi dari sengatan sinar matahari yang menyengat. Rumput yang tumbuh di bawah pohon kelapa terlihat hijau dan segar, bersih dari tempat sampah. Nyaman untuk mata.


Tempat Wisata Pantai Cibeureum Serang


Pantai Ciebereum memiliki pantai berpasir dan pantai karang. Tapi ada lebih banyak pantai berpasir dari pantai karang. Aman jika anak bermain di pantai. Gelombangnya juga tidak berbahaya.

Gunung Api Krakatau 
Gunung Krakatau adalah gunung berapi yang pernah meletus dengan dampak yang besar dan tidak hanya ke Indonesia, tapi juga di luar negeri. Saat ini, Gunung Krakatau merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Banten. Aktivitas utama dan paling favorit disini adalah mendaki Gunung Krakatau, banyak agen wisata yang menawarkan paket mendaki Gunung Krakatau mulai dari paket 1 hari, hingga paket 4 hari.


Tempat Wisata Gunung Api Krakatau  Serang


Gunung Krakatau sangat fenomenal karena telah mengejutkan dunia beberapa tahun yang lalu. Setelah kejadian tersebut, kini gunung berapi Krakatau menjadi salah satu tempat wisata di Serang yang paling diminati oleh wisatawan, terutama penggemar hiking. Keunikan panorama alamnya yang indah, serta banyaknya cerita sejarah yang bisa ditemukan di Gunung Krakatau menjadikannya sebagai wisata yang layak untuk dikunjungi.

Danau Rawa Dano 
Danau Rawa Dano merupakan obyek wisata alam berupa rawa yang merupakan tempat wisata alam yang didominasi oleh rawa-rawa dengan danau. Wisata alam Danau Rawa Dano pada awalnya merupakan kawah gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Seiring berjalannya waktu, tempat ini berubah menjadi danau dan akhirnya menjadi rawa di danau.


Tempat Wisata Danau Rawa Dano Serang


Sesampainya di tempat ini Anda akan melihat alam yang masih indah, indra penglihatan Anda akan dimanjakan dengan pepohonan hijau yang tumbuh di tempat ini. Dengan luas sekitar 2.500 ha, Danau Rawa dipenuhi berbagai jenis pepohonan hijau yang merupakan rumah berbagai hewan di tempat ini. Mulai dari berbagai jenis burung yang katanya bisa mencapai 250 jenis burung yang hidup di Danau Rawa hingga reptil seperti ular dan buaya dapat ditemukan di sini.

Itulah sederat daftar tempat wisata di Serang Banten yang bisa Anda pilih sebagai tempat romantis, berupa air terjun, wisata pantai dan pulau yang tidak boleh terlewatkan bagi pecinta travelling.

Sumber :
https://travelingyuk.com/tempat-wisata-serang/14949/
http://www.teluklove.com/2017/04/36-destinasi-objek-wisata-serang-banten.html
https://www.tripadvisor.co.id/Attractions-g608499-Activities-Serang_Banten_Province_Java.html

Back To Top