Tempat Wisata Medan Tuntungan

Anda sedang mencari-cari tempat wisata Medan Tuntungan ? Jangan khawatir, Saya akan mengulasnya lebih jauh di sini.

Kecamatan Medan Tuntungan adalah salah satu daerah di Kota Medan, Sumatera Utara yang memiliki 9 desa yaitu Tanjung Selamat, Simalingkar B, Simpang Selayang, Kemenangan Tani, Lau Cih, Namu Gajah, Sidomulyo, Ladang Bambu dan Mangga.

Sedangkan Medan itu sendiri adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara yang merupakan kota terbesar di luar Pulau Jawa dan kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dan juga sebagai pintu gerbang bagi para wisatawan untuk menuju objek wisata Medan Brastagi di daerah dataran tinggi Karo, objek wisata penangkaran orang utan di Bukit Lawang, serta kawasan Danau Toba.

Medan mempunyai segudang tempat wisata dengan pemandangan yang sangat indah. Jika Anda ingin berlibur ke daerah Sumatera Utara, inilah tempat yang cocok, dijamin Anda tidak akan kecewa tetapi akan merasakan senang apalagi jika Anda berkunjung dengan sanak saudara atau keluarga, dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut ini ialah tempat wisata di sekitar Kecamatan Medan Tuntungan, Medan untuk Anda jika ingin liburan.

Kebun Binatang Medan (Medan Zoo)
Medan Zoo terletak di Jalan Pintu Air IV Kelurahan Simalingkar B Kecamatan Medan Tuntungan berjarak sekitar 10 km dari pusat kota ke arah Brastagi. Kemungkinan ada sekitar seribu pengunjung yang memadati kebun binatang seluas 30 hektare ini setiap akhir pekan. Untuk hari-hari biasa, jumlah pengunjung diperkirakan berjumlah 150 orang setiap harinya.

Meski tempat ini dipenuhi dengan binatang-binantang yang begitu buas, kita tak perlu khawatir jika hendak bertandang ke sini. Sebab, di sana sudah terdapat pengelolaan yang aman dan dapat dipertanggungjawabkan. Jika kita hendak ke tempat ini maka ajaklah keluarga agar suasananya menjadi semakin seru. Tarif Masuk ke tempat wisata ini terbilang murah, cukup dengan Rp. 7.000,- dan buka setiap hari pukul 09.00 s/d 17.00 WIB.


Tempat Wisata Medan Tuntungan

Medan Zoo


Graha Santa Maria Annai Velangkanni
Graha Santa Maria Annai Velangkanni merupakan salah satu obyek wisata rohani khusus umat Katolik. Gereja umat katolik ini mempunyai bentuk unik, mirip dengan kuil hindu. Gereja ini awalnya dibangun untuk umat katolik Tamil yang ada di Kota Medan, tetapi lama-kelamaan terbuka juga untuk umat katolik umum.

Annai Velangkanni  dibangun dengan tujuan sebagai persembahan untuk Bunda Maria yang pernah terlihat ada di daerah pesisir Velangkanni, Tamil Nadu, India abad ke-17. Selain berdoa, di sini banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk mengambil gambar. Daya tarik lain dari destinasi wisata rohani ini adalah Kapel Maria yang biasanya digunakan oleh umat Katolik untuk berdoa pada Bunda Maria.

Alamat tempat wisata ini berada di Jalan Sakura III No.7-10 Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan.

Kampung Ladang Outbound
Lokasinya berada di Jl.Tuntungan,Tanjung Anom, Deli Serdang, Sumatera Utara dan merupakan sebuah pusat outbound dan pusat rekreasi. Lokasinya yang dekat pusat kota membuat banyak orang sering mengunjungi tempat rekreasi ini.

Kampung Ladang Outbound ini menawarkan suasana pedesaan yang asri dan dikemas dengan konsep pedesaan. Di area ini, pengunjung akan ditawari perlengkapan outbond yang sudah berstandar internasional. Semua bentuk gaming yang ada di Kampung Ladang ini, sudah selayaknya dikasih acungan jempol. Mengapa ? Sebab semuanya dikemas sedemikian rupa menjadi wahana outbound profesional.

Permainan yang terdapat dikampung itu, seperti ATV, mobil boogie, sampan, flying fox, fish game, aral rintang, water ball, trampolin, dan high roop. Dan yang terbaru paint ball. Tetapi, permainan yang paling banyak diminati pengunjung sekaligus seru ialah game yang dimainkan secara tim yaitu paint ball, yang dimainkan minimal oleh enam orang. Jarak tempuh kelokasi, dari Kota Medan hanya sekitar 30 menit

Kampung Ladang Outbound ini menawarkan suasana pedesaan yang asri dan dikemas dengan konsep pedesaan. Lain daripada itu, Kampung Ladang juga dilengkapi dengan fasilitas lain semisal ruang karaoke, aula dengan kapasitas 150 kursi, penginapan, AC dan air panas.


Kampung Ladang Outbound

Kampung Ladang Outbound


Pemandian Alam Pulo Sari
Tempat wisata ini sangat dekat dengan kota Medan, berada di bagian selatan kota Medan, yaitu jalan menuju obyek wisata terkenal Berastagi. Untuk sampai di daerah ini, Anda cukup menempuh perjalanan selama setengah jam dari Medan.  Di Desa Tuntungan Anda berbelok ke kanan ke arah jalan lapangan golf, dari sini jaraknya sekitar 300 meter setelah pembelokan tadi.

Karena namanaya juga pemandian alam, maka bentunya berupa sungai yang dihiasi dengan bebatuan alam yang berukuran cukup besar, dan air yang cukup jernih, namun jika Anda datang saat musim hujan, maka Anda tidak akan mendapatkan air yang jernih melainkan air yang keruh cenderung kekuning-kuningan.

Permandian Alam ini sangat alami dan hanya dikelola oleh masyarakat lokal. Untuk masuk ke lokasi wisata ini Anda tidak perlu menguras kocek, karena dengan membayar retribusi Rp 3 ribu per orang dewasa dan gratis buat anak, Anda sekeluarga bisa sekenyangnya mandi di sini.

Mungkin karena dikelola secara tradisional oleh masyarakat setempat maka obyek wisata ini terkesan kurang terawat dan tertata.  Batu-batu yang ukurannya cukup besar dan sangat banyak terdapat di daerah ini yang sudah sewajarnya dibiarkan teronggok alami di tepi dan tengah sungai, malah dipakai sebagai tempat berdirinya tenda atau gubuk peristirahatan sehingga pengunjung sedikit terusik dengan hal ini, karena kenikmatan memandang kondisi sungai yang alami agak terganggu.

Permandian Alam Pulosari sudah cukup favorit bagi mereka yang suka wisata, karena terbukti warga sekitar Tuntungan dan penduduk kota Medan amat banyak berdatangan memenuhi obyek wisata ini di hari libur. Bahkan saat libur hari raya maupun hari besar lainnya, sungai ini akan dijejali oleh ratusan bahkan mungkin ribuan orang, sehingga jika dilihat dari atas jembatan, sungai ini tak ubahnya seperti lautan kepala manusia.

Anda diperbolehkan membawa makanan masuk ke tempat wisata ini. Namun jangan khawatir bagi Anda yang tidak sempat menyiapkan bekal, penjaja makanan sangat banyak bisa Anda temukan di dalam lokasi permandian.

Pemandian Alam Pulo Sari

Pemandian Alam Pulo Sari

Itulah beberapa tempat wisata di Medan Tuntungan yang bisa Saya sampaikan. Mungkin ada tempat tempat wisata di kota Medan lainnya yang belum Saya bahas di sini, termasuk tempat wisata di Medan yang romantis buat yang berbulan madu, tempat berfoto di Medan, pantai di Medan dan tempat wisata Medan dan kulinernya. Mudah-mudahan ke depannya Saya bisa lengkap menulis artikel lainnya tentang itu dan juga tentang taman wisata Armaya Medan dan tempat wisata di Binjai.

Sumber :
https://medandeli.wordpress.com/2012/11/15/pulo-sari-permandian-alam-di-sungai-tuntungan/
https://tempatwisataseru.com/25-tempat-wisata-di-medan-dan-sekitarnya/
http://topvisit.net/42-kawasan-wisata-terbaik-di-medan-tuntungan-medan/
http://kampungladang.co.id/lokasi-kampung-ladang/

Back To Top