Tempat Wisata di Kupang Nusa Tenggara Timur

Tempat wisata di Tanah Air yang mungkin tidak terlalu banyak diperhatikan wisatawan namun banyak sekali menyimpan keajaiban adalah Kupang yang merupakan ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur. Berbagai lokasi eksotis bisa ditemukan saat berada di Kupang meski memang beberapa tempat belum mendapat manajemen yang baik dan belum begitu tersentuh. Ada rencana menghabiskan waktu liburan di Kupang? Ini adalah tempat wisata di Kupang Nusa Tenggara Timur yang bisa menjadi pilihan tepat.

Pulau Komodo
Menjadi salah satu obyek wisata paling populer di dunia, tentu Pulau Komodo adalah tempat yang tak bisa dilewatkan. Bagi para wisatawan yang ingin menambah pengalaman dengan menyaksikan binatang secara langsung apa itu Komodo, silahkan datang langsung ke Nusa Tenggara Timur agar Komodo bisa dilihat dari jarak dekat. Tenang, ada tim ranger yang akan menemani selama proses pencarian di pulau ini, sehingga pengunjung dijamin keamanannya dari serangan komodo yang bebas tinggal di pulau ini.

Selain bisa melihat komodo, ada aktivitas air yang menyenangkan yang patut dicoba. Menyelam dan snorkeling di Pink Beach akan semakin seru untuk liburan anda. Namun, hanya berjalan kaki untuk menjelajahi pantai pasir merah muda sambil melihat perbukitan hijau dan laut biru pun sungguh megasyikan. Tempat ini memiliki sekitar 1.000 spesies ikan, 70 spesies sponge, dan 250 spesies terumbu karang.

Berkunjung ke Taman Nasional Komodo sepertinya belum lengkap jika Anda tidak mengunjungi pulau-pulau di sekitarnya, seperti Pulau Moyo dengan air terjun yang menjadi daya tariknya. Gelombang yang tenang dan pantai yang bersih merupakan keunggulan pantai di Pulau Moyo. Di pulau ini hanya sepeda motor yang menjadi satu-satunya alat transportasi, dan bahkan jalannya tidak terlalu mulus.

Pantai Pasir Panjang
Satu lagi objek wisata yang bisa ditemukan adalah Pantai Pasir Panjang. Pantai ini merupakan lokasi wisata yang tidak akan mengenakan biaya masuk alias gratis bagi pengunjung. Pantai dengan lokasi yang tepat di pusat kota Kupang ini memiliki warna air biru jernih dengan pengaruh lingkungan yang hijau karena ada karang besar.


Tempat Wisata Pantai Pasir Panjang di Kupang Nusa Tenggara Timur


Alasan mengapa pantai ini diberi nama Pasir Panjang karena sisi pantainya panjang dan pasirnya begitu luas. Untuk menikmati pemandangan pantai, para pengunjung bisa langsung duduk atau tidutan di atas pasir.

Pantai Kolbano 
Pantai lain yang mampu menarik hati wisatawan adalah Pantai Kolbano dengan banyaknya bebatuan yang memenuhi pantai ini. Dengan kata lain, pantai ini tidak memiliki pasir seperti pantai yang umumnya kita temui. Namun, itu adalah ciri khas pantai ini dengan peletakan batu dengan warna bervariasi.

Tempat Wisata Pantai Kolbano di Kupang Nusa Tenggara Timur


Bebatuan dapat ditemukan di sepanjang garis pantai saat Anda melihat-lihat lokasi ini. Dari pusat kota Kupang, Anda hanya perlu waktu sekitar 4 jam hanya untuk sampai ke pantai yang tidak mengenakan biaya masuk ke pengunjung ini.

Pantai Lasiana 
Wisata alam di Kupang yang harus dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Lasiana yang terletak di sebelah timur pusat kota Kupang dengan jarak 12 kilometer. Terletak di Kelapa Lima dan Desa Lasiana, pantai ini memiliki air yang tenang dengan pasir putih yang menyenangkan.


Tempat Wisata Pantai Lasiana di Kupang Nusa Tenggara Timur


Kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini antara lain berenang, memancing, karaoke, sepak bola dan lain sebagainya. Angkutan umum biasanya ditemukan di daerah pesisir ini karena letaknya di jalur transportasi utama Pulau Timor sehingga kendaraan sewa dan sepeda motor tersedia untuk kenyamanan pengunjung dalam akses ke pantai. Kebutuhan wisatawan juga akan dipenuhi dengan restoran dan penginapan.

Pantai Tablolong
Wisatawan yang tertarik untuk datang dan mencoba menjelajah ke Kupang Barat, ada pantai bernama Tablolong yang keindahannya tidak kalah dengan Pantai Lasiana. Daya tarik pantai ini adalah air jernih dan hamparan pasir putih yang luas. Anda akan melihat sendiri dan mengagumi air jernih dengan gradasi hijau menjadi biru tua. Kegiatan yang ditawarkan disini juga bervariasi, seperti berlayar, memancing, dan berenang.


Tempat Wisata Pantai Tablolong di Kupang Nusa Tenggara Timur


Tak perlu khawatir dengan ombak besar saat berencana berenang di Pantai Tablolong karena riak ombak di sini kecil dan tenang. Hanya saja, aktivitas yang lebih populer di tempat ini adalah memancing. Seringkali lomba memancing diadakan di pantai ini, mulai dari yang tradisional hingga skala nasional. Dari segi fasilitas, pantai ini lebih lengkap dan bagus dalam memenuhi kebutuhan wisatawan daripada Lasiana.

Air Terjun Oenesu 
Selain dari pantai, ada juga air terjun yang terkenal di Kupang. Air terjun yang bisa diakses dengan jarak sekitar 17 kilometer dari kota Kupang memiliki sisi unik yang tidak ada di lokasi wisata air terjun lainnya.

Tempat Wisata Air Terjun Oenesu di Kupang Nusa Tenggara Timur


Keunikan yang jelas adalah batu yang terlihat persis seperti mulut gorila dan singa. Sisi eksotisnya tetap ditambah dengan pepohonan yang membuat kawasan ini selalu sejuk.

Pulau Kera 
Di Kupang, ada sebuah pulau bernama Pulau Kera dan letaknya tepat di tengah laut. Melihat saja, dari pantai Kupang sebenarnya cukup. Tapi jika ingin mencoba berkunjung untuk melihat dari dekat, wisatawan disarankan menggunakan kapal nelayan agar aman bisa kembali ke pulau.


Tempat Wisata Pulau Kera di Kupang Nusa Tenggara Timur


Perahu akan memakan waktu perjalanan sekitar 1 jam. Daya tarik Pulau Kera ini adalah pasir putih dengan kombinasi panorama air laut berwarna biru kehijauan dan ungu yang masih dipadu indah dengan karang merah. Kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai ini adalah bermain pasir, bermain ombak, berjemur atau bahkan bersantai di pantai. Para pengunjung bisa diam karena ombak di pantai ini termasuk kecil.

Air Terjun Oehala 
Air terjun Oehala yang berada jauh dari pusat kota Kupang tapi sangat layak untuk dikunjungi. Keunikan air terjun ini yang sering disebut-sebut adalah bentuk yang menyerupai kasur. Suasana di daerah ini juga sangat sejuk dengan pepohonan yang banyak disekitar air terjun. Kesegaran air menjadi salah satu kelebihan dari lokasi wisata ini sehingga pengunjung enggan ketinggalan menikmati objek yang satu ini.


Tempat Wisata Air Terjun Oehala di Kupang Nusa Tenggara Timur


Pulau Semau
Pulau Semau yang tak jauh dari Pulau Kera juga memiliki keeksotisan dan keunikan tersendiri yang membuat backpacker rela mengarungi samudera luas hanya untuk sekedar melihat pantai putih atau sekedar merasakan pulau misterius Semau. Di Pulau Semau ada mata air berbentuk kolam yang segar dan disekitar pepohonan.


Tempat Wisata Pulau Semau di Kupang Nusa Tenggara Timur


Pantai Kupang
Pantai ini terlihat lebih bersih dari pantai di kota Kupang pada umumnya, terletak di kota lama kota Kupang, dari pantai bisa melihat pulau Kera di depan. Cuaca terik, hanya terdapat beberapa pohon saja di pantai ini. Kalau ke sini siapkan sunblock karena panas. Pantai dengan pasir putih dan halus, membuat nyaman bersama keluarga, apalagi anak-anak yang senang membuat istana pasir. Pantai ini sangat direkomendasikan untuk disambangi supaya kejenuhan Anda akibat kepenatan hawa panas Kupang bisa dilenyapkan di Pantai Kupang. Menjelang matahari tenggelam, disana kita dapat menyaksikan panorama sunset dan duduk-duduk di boulevard pantai yang asik dan ramai.

Gunung Fatuleu
Fatuleu adalah gunung yang sangat indah dari pemandangan sepanjang jalan aspal sampai di puncak gunung tertinggi, memang sampai ke puncak tertinggi sangat terjal tetapi kepuasan sendiri kita bisa naik kesana. Pendakian terjal membutuhkan waktu 1-2 jam untuk mencapai puncak gunung Fatuleu. Tidak direkomendasikan datang ke tempat ini saat musim hujan.

Pantai Timor
Terletak di dekat Kampung Solor, Kupang, pengunjung akan mengalami pengalaman seru di tempat ini dengan batuan berlumut acak sehingga terlihat eksotis. Di Pantai Timor ini, wisatawan juga bebas menunggu sampai matahari terbenam tiba untuk mengabadikannya. Di sekitar pantai ada banyak tempat duduk dan warung sehingga menambah sisi nyaman pantai ini.


Tempat Wisata Pantai Timor di Kupang Nusa Tenggara Timur


Gua Kristal
Gua Krital sangat menakjubkan karena siapa sangka ada gua yang penuh dengan air yang sangat jernih sehingga kita bisa melihat bagian bawah gua. Gua kristal memiliki air yang tidak asin saat gua kristal menyatu dengan laut. Untuk sampai ke Gua Kristal melalui Bolok dan melalui jalan-jalan karang dan masuk ke Gua Kristal terdiri dari bebatuan yang pecah dan menyatu membentuk sebuah pintu kecil seukuran tubuh manusia. Airnya dingin dan dikelilingi batu cokelat besar. Waktu eksotik untuk mengunjungi adalah siang hari karena matahari langsung menyinari air dan membuatnya berkilauan.

Tempat Wisata Gua Kristal di Kupang Nusa Tenggara Timur


Air Terjun Tesbatan
Air Terjun Tesbatan terletak di Kecamatan Amarasi, Kabupaten Kupang, NTT. Air terjun ini terletak di tengah hutan dan terdiri dari beberapa tingkatan, tingkat atas adalah yang paling mudah dicapai karena berada di pinggir jalan tapi air terjunnya kecil dan tidak tinggi, sedangkan air terjun tingkat kedua cukup tinggi. dan lebar.


Tempat Wisata Air Terjun Tesbatan di Kupang Nusa Tenggara Timur


Taman Nostalgia
Taman yang dibuat cukup asri dengan banyak pohon dan tanaman-tanaman membuat udara terasa sejuk saat berada di taman tersebut. Terdapat beberapa spot yang bagus untuk tempat foto-foto. Sepertinya taman ini dibuat untuk menggambarkan kerukunan dalam keberagaman di Kupang karena ada simbol agama-agama yang dianut pada gong Perdamaian disalah satu sudut tamannya. Sangat bagus buat kumpul keluarga, bisa joging pagi atau sore, ada lintasan larinya, permainan basket, dan kegiatan lainnya. Wisata kuliner pasar malamnya juga keren. Referensi tempat bersantai dan bercerita sejenak dengan rekan, sahabat, dan keluarga. Ada lopo-lopo, ada panggung, ada taman bermain, dan yang penting ada free wifinya juga.  Saat bulan November dan Desember bertambah indah karena pemandangan bunga flamboyan memperindah suasana.

Pantai Manikin
Pantai Manikin merupakan pantai yang dekat dengan pantai Lasiana, tetapi beda suasana karena Manikin lebih bnyak kelihatan fawa dan bakau, lautnya bagus dan nyaman. Pantai yang letaknya dekat dari kota Kupang ini menawarkan keindahan pasir dan lautnya yang berwarna biru, pantainya masih alami dan belum banyak tersedia fasilitas umum bagi pengunjung.Waktu terbaik sore hari untuk menikmati sunsetnya yang mempesona. Pantai ini berjarak sekitar 12-an km dari kota Kupang. Pantainya begitu simple dan tidak begitu ramai sehingga belum tersedia fasilitas yang memadai tapi dari keindahan alam tidak dapat di ragukan lagi bahwa pantai ini sangat layak untuk di kunjungi.

Itulah tempat wisata berupa air terjun, pantai, taman rekreasi, tempat bersejarah, tempat nongkrong yang menarik di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Sumber :
https://tempatwisataunik.com/wisata-indonesia/nusa-tenggara-timur/tempat-wisata-di-kupang
https://winnymarlina.com/2013/03/01/8-tempat-wisata-eksotis-di-kupang/
http://www.idnusantara.com/2016/03/12-tempat-wisata-di-kupang-yang-harus.html
https://www.tripadvisor.co.id/Attractions-g679582-Activities-Kupang_West_Timor_East_Nusa_Tenggara.html

Back To Top