Tempat Wisata di Lamongan Terbaru

Sedang mencari tempat wisata di Lamongan terbaru ? Jangan bingung-bingung, banyak tempat menarik di Lamongan ini yang bisa Anda kunjungi karena kota-kota yang ada di Jawa Timur memang cukup kaya dengan tempat wisata, tidak terkecuali kota Lamongan. Kota ini juga terkenal dengan ilmu magis atau biasa di kenal dengan supranatural.

Kota ini juga menjadi kota dengan wisata menarik yang banyak di kunjungi oleh wisatawan luar daerah terutama wisata alam dan wisata kulinernya. Tempat wisata menarik yang Anda temui di Lamongan diantaranya wisata pantai, wisata sejarah dan wisata religi.

Objek wisata di Lamongan Jawa Timur lumayan banyak. Banyak juga wisata alam yang lokasinya tersebar, tidak hanya berlokasi di pusat kota, melainkan di pinggir-pinggir kota. Selain objek wisata terpadu, di Lamongan juga ada banyak objek wisata bahari.

Lamongan bisa diakses dengan cukup mudah, dari Surabaya hanya berjarak kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan. Wisatawan yang ingin berlibur ke Lamongan, selain bisa mencari penginapan di Surabaya,  juga bisa mencari penginapan murah di Lamongan atau hotel berkelas dengan fasilitas lengkap. Sebagian besar penginapan di Lamongan berada di pusat kota. Kebanyakan berada dekat dengan Jalan Raya Gersik-Babat sehingga mudah diakses.

Tempat wisata terkenal di Lamongan yang banyak dikunjungi dan menjadi favorit masyarakat sekitar diantaranya adalah:

Wisata Bahari Lamongan (WBL)
Destinasi tempat rekreasi di Lamongan ini sudah sangat terkenal. Dengan opstekel wahana yang beragam dan keindahan obyek wisata yang menarik tentunya.

WBL berada di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, 62264, Jawa Timur. Lokasinya di kelilingi oleh pantai dengan panorama yang indah sehingga pemandangannya cukup spektakuler dan tentunya membuat tempat piknik di Lamongan ini menjadi destinasi wisata favorit di Lamongan. Obyek wisata yang harus anda kunjungi saat berlibur di Lamongan.

Obyek wisata ini di kelola PT.Bumi Lamongan sejati dan saham kepemilikannya dimiliki oleh 2 pihak. yaitu PT.Bunga Wangsa Sejati dan Pemerintah Lamongan.

Tempat wisata ini sudah di lengkapi dengan fasilitas yang luar biasa. Jadi tidak heran kalau wahana di WBL ini tidak kalah keren dengan Dunia Fantasi yang ada di Jakarta. Wisata ini dilengkapi dengan fasilitas waterboom, Texas City, space shuttle, rumah kaca, anjungan wali songo, istana bawah laut, tembak ikan serta berbagai wahana permainan air, baik kolam renang maupun slide untuk anak-anak dan dewasa.. Ada juga gua insectarium, istana bajak laut, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Tempat Wisata di Lamongan Terbaru

Wisata Bahari Lamongan (WBL)

Makam Sunan Derajat
Tidak hanya wisata kuliner dan wisata hiburan, di Lamongan Anda juga bisa berwisata religi di Makam Sunan Drajat. Sunan Drajat ini termasuk dalam Walisongo yang menyebarkan agama Islam di Nusantara. Jadi tidak heran kalau makam wali ini selalu ramai akan peziarah.

Anda bisa sampai di tempat wisata realigi di Lamongan ini dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit saja dari kota Lamongan. Karena memang jaraknya tidak terlalu jauh.

Pemerintah Lamongan juga sudah merenovasi bangunan di sekitar makam yang sudah mulai tua dan lapuk hingga membangun Masjid Sunan Drajat menjadi lebih bagus.

Di sekitar makam juga di bangun Museum Sunan Drajat. Museum ini di bangun dengan dukungan warga dan pemerintah Jawa Timur.

Selain bisa berziarah ke Makam Sunan Drajat, kamu juga bisa berkunjung ke Museum Sunan Drajat untuk menambah pengetahuan.

Makam Sunan Drajat

Makam Sunan Drajat

Museum Sunan Drajat
Museum Sunan Drajat ini berlokasi di komplek masjid Sunan Drajat. Seperti yang di sebutkan di atas bahwa sunan Drajat di bangunkan sebuah museum yang digunakan untuk memberikan informasi dan pengetahuan sejarah Islam. Cocok bagi anda yang tertarik mempelajari sejarah Islam di Indonesia. Barang-barang bersejarah peninggalan Sunan Drajat ada di museum ini termasuk buku dan kitab-kitab agama milik beliau.


Museum Sunan Drajat (foto dari @yunisiswandiati)

Goa Maharani
Lamongan juga punya Goa yang sangat indah. Kecantikan goa yang menawan membuat goa ini menjadi saingan Goa Gong di Pacitan. Lokasi tempat wisata Goa di Lamongan ini tidak jauh dari Wisata Bahari Lamongan. Anda cukup menaiki jembatan penghubung obyek wisata WBL dan Goa Marani ini. Anda juga bisa berbelanja souvenir khas di bawah tangga sebelum menaiki jembatan.

Goa ini di temukan tahun 1992, dengan kedalaman goa mencapai 25 meter. Sedangkan luas Goa Maharani ini mencapai ¼ hektar atau sekitar 2500 meter persegi. Keindahan goa yang sangat cantik akan tersaji di dalam Goa Maharani ini. Goa ini cukup indah dengan sajian stalaktit hingga stalakmit yang mempesona.

Tidak hanya itu, goa ini juga sekaligus di jadikan sebagai kebun binatang mini. Di dalam goa anda bisa melihat berbagai macam hewan. Seperti buaya, ular, singa, macan, monyet, burung, ayam hutan,dan masih banyak lagi.

Karena itulah maka saat ini ada penambahan kata “Zoo” sehingga namanya berubah menjadi “Maharani Zoo.” tempat wisata ini ditangani oleh PT Bumi Lamongan sejati yang bekerjasama dengan Jawa Timur Group yaitu pemilik Jatim Park 1, Jatim Park 2 hingga Eco Green Park yang ada di kota Batu.

Maharani Zoo sangat cocok untuk destinasi wisata Anda dan keluarga tentunya. Goa ini berada di Jalan Gresik-Tuban. Anda bisa mengunjunginya pukul 08.30-12.00 di pagi hari dan pukul 13.00-17.00 di siang sampai sore hari, karena malam hari goa ini tidak di buka.


Maharani Zoo

Maharani Zoo

Alun-alun Kota Lamongan
Di pusat kota, alun-alun Kota Lamongan tetap menjadi favorit tujuan wisata masyarakat sekitar. Di alun-alun ini tersedia banyak jenis kuliner yang bisa dinikmati mulai dari kuliner dengan cita rasa lokal hingga kuliner modern, selain untuk nongkrong dan bermain.

Zaman dulu Alun-alun biasanya di gunakan Raja untuk tempat acara suatu kadipaten beserta rakyat-rakyatnya. Akan tetapi sekarang di alihfungsinkan menjadi tempat acara rakyat. Tahun 2011 Alun-alun kota Lamongan juga sudah di renovasi sehingga pemandangan dan suasana alun-alun menjadi lebih menawan dan membuat pengunjung betah berlama-lama di alun-alun ini.

Warga sekitar juga sering menyambangi alun-alun ini sekedar berjalan-jalan meluangkan waktu libur sehingga alun-alun ini tidak pernah sepi akan pengunjung. Alun-alun ini juga sering di gunakan kumpul-kumpul komunitas sekedar nongkrong bersama.

Pemandangan yang menarik dengan udara segar. Serta banyak pepohonan hijau yang pastinya akan membuat anda dan keluarga betah berlama-lama di tempat wisata di Lamongan ini.

Alun-alun ini lokasinya berdekatan dengan hotel-hotel di Lamongan karena memang berada di pusat kota sehingga mencari akomodasi saat berlibur di Lamongan, wisatawan tidak akan kesulitan.


Alun-alun Kota Lamongan

Alun-alun Kota Lamongan

Pantai Brondong
Destinasi wisata pantai di Lamongan yang terkenal, salah satunya adalah Pantai Brondong. Di sini pantainya terdiri atas kerikil-kerikil kecil berwarna putih dan kuning, tidak seperti pantai kebanyakan yang penuh pasir. Namanya unik, “Brondong” sebutan untuk cowok muda yang ganteng, keren, tajir dan biasanya jomblo. Pantai ini lokasinya berada di pelabuhan Paciran, di Desa Brondong, Kecamatan Brondong, Lamongan. Kalau dari pusat kota, jaraknya sekitar 50 km.

Pemandangan yang menakjubkan keindahannya akan anda dapatkan di pantai Brondong ini. Anda bisa bersantai menikmati indahnya pantai dan hembusan angin pantai yang sepoi-sepoi. Tidak hanya itu, di sini juga termasuk dalam tempat pelelangan ikan hasil tangkapan nelayan. Anda juga bisa membeli ikan segar atau hasil laut nelayan di tempat ini.

Kualitas hasil laut tangkapan nelayan yang ada di sini juga termasuk kualitas terbaik. Tidak usah khawatir karena ikan-ikan di sini masih murah karena belum masuk ke pasar.


Pantai Brondong

Pantai Brondong

Karena banyak di antara penduduk yang berprofesi sebagai nelayan, maka masyarakat di sekitar pantai juga masih aktif melaut .

Wego Lamongan
Wego menjadi salah satu obyek wisata paling ngetrend di Lamongan saat ini. Wego sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari Wisata Edukasi Gondang Outbond, yang terletak di kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan, 62256, Jawa Timur.


Wego Lamongan

Wego Lamongan

Terdapatnya pesawat besar yang berada di area taman, menjadikan wisata ini lebih unik. Bagi wisatawan yang masuk ke dalam pesawat tersebut, tentu merasakan suasana seperti berada di dalam pesawat beneran, karena memang ini merupakan bekas rangka pesawat, dan diperbarui hingga menjadi sangat bagus dan seperti baru. Fasilitas di dalamnya pun terbilang lengkap, mulai dari kursi-kursinya komplit, ada AC, dan juga simulasi pembelajaran bagi anak-anak.

WEGO Lamongan kini sebagai destinasi wisata baru yang menarik perhatian, tidak hanya wisatawan lokal dari Lamongan sendiri, tetapi juga dari berbagai kota tertarik mengunjunginya.

Waduk Gondang
Sebuah waduk yang di gadang-gadang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Lamongan. Panorama waduk yang mempesona membuat waduk ini menjadi destinasi wisata favorit.

Waduk ini berada di barat kota Lamongan dan berjarak sekitar 19 km dari pusat kota. Anda bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi untuk sampai ke obyek wisata Waduk Gondang ini.

Luas waduk ini sekitar 6,60 ha,dan memiliki kedalaman sekitar 29 m. Di resmikan tahun 1987 oleh Presiden Soeharto pada masa Orde Baru.


Waduk Gondang

Waduk Gondang (foto dari @shahkemal)

Pemandangan panorama waduk yang eksotis membuat obyek wisata waduk Gondang ini selalu ramai. Para wisatawan datang ingin menikmati indahnya waduk yang ada di Lamongan ini.

Di sekitar waduk juga terdapat situs bersejarah yaitu makam Dewi Sekardadu. Dewi sekardadu ini adalah ibunda Sunan Giri atau Jaka Samudra yang merupakan tokoh sejarah Lamongan.

Makam Dewi Sekardadu
Di dekat Waduk Gondang ada situs yang syarat akan sejarah yaitu Makam Dewi Sekardadu. Lokasi makam ini tidak jauh dari Waduk Gondang. Keindahan panorama alam dan suasana alam hijau menyegarkan akan Anda jumpai di makam Dewi Sekardadu ini karena lokasinya dikelilingi oleh hehijauan tumbuhan yang asri. Jadi kalau anda berlibur di waduk Gondang sekalian mengunjungi makam ini ya.

Makam Dewi Sekardadu

Makam Dewi Sekardadu

Monumen Van der Wijck
Berawal dari terinspirasi akan kisah tenggelamnya kapal Van der wijck, seorang ulama Buya Hamka yang sekaligus adalah seorang sastrawan, menulis cerita tenggelamnya kapal Van der Wijck. Kisah yang terjadi di tahun 28 Oktober 1936 di pesisir Pulau Jawa, tepatnya di perairan Brondong.

Kapal ini dimiliki oleh Koninklijke Paketvaart Maatschappij sebuah perusahaan kapal yang ada di Amsterdam. Sedangkan pembuatan kapal ini pada tahun 1921 di Feijenoord Rotterdam Netherland.


Monumen Van der Wijck

Monumen Van der Wijck  (foto dari @anunk.januri)

Di gadang-gadang kisah kapal ini disamakan dengan kisah Titanic, bedanya ada di Indonesia. Kemudian di buat monumen untuk mengenang tenggelamnya kapal ini. Lokasi monumen ini berada di Pelabuhan Brondong, kabupaten Lamongan. dekat dengan lokasi tenggelamnya kapal tersebut.

Makam Sunan Sendang Duwur 
Di Lamongan tidak hanya ada makam Sunan Drajat saja, masih banyak situs bersejarah peninggalan zaman penyebaran Islam di kota ini seperti makam ulama Sendeng Duwur alias Raden Noer Rahmad putra dari Abdul Kohar, cucu dari Sultan Abu Yazid al Baghdadi yang merupakan orang Baghdad, Irak.


Makam Sunan Sendang Duwur

Makam Sunan Sendang Duwur (foto dari @mey_pamungkas)

Sunan Sendang Duwur lahir tahun 1320 dan wafat tahun 1585. Sunan Sendang Duwur pernah memindahkan masjid dari Ari Mantingan menuju Bukit Amitunon hanya dalam waktu satu malam saja yang sekarang dikenal sebagai Masjid Sendang Duwur. Lokasi tempat ini berada di Desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran.

Bangunan masjid yang artistik membuatnya sangat unik dan indah. Perpaduan bangunan masjid dan pura membentuk bangunan yang menarik. Tugu masuk masjid seperti Tugu Bentar yang ada di Bali. Dibuat dengan ukiran dan ornamen yang di buat menggunakan kayu yang terlihat lebih klasik dan menakjubkan.

Pemandian Air Panas Brubun
Pemandian air panas ini berada di Kecamatan Paciran tepatnya di Brubun. Tempat ini sangat nyaman di kunjungi, pemandangan alam yang masih asri di sekeliling pemandian. Membuat suasana dan udara di sini sangat sejuk.


Pemandian Air Panas Brubun

Pemandian Air Panas Brubun

Tempatnya yang jauh dari keramaian kota membuat tempat ini tenang dan menghadirkan suasana yang nyaman. Menurut cerita pemandian ini dulunya di gunakan oleh Sunan Drajat untuk bertapa.

Stadion Surajaya Lamongan
Bagi anda pecinta bola tanah air pastinya tidak asing lagi dengan stadion yang satu ini karena stadion ini di gunakan oleh tim Sepakbola Persela Lamongan dalam setiap laga kandangnya. Tentu saja yang selalu ditemani oleh Laskar Jaka Tingkir.

Setadion kebanggaan Lamongan ini terus di benahi fasilitas sarana dan prasarananya sehingga stadion ini menjadi salah satu stadion terbaik di Indonesia.

Itulah beberapa tempat wisata di Lamongan yang bisa Anda kunjungi. Nantikan pula liputan Saya tentang Pantai Kutang, Pantai Klayar di Kabupaten Lamongan 62263, Jawa Timur serta tempat lainnya seperti tempat wisata Gresik dan tempat wisata di Tuban.

Sumber :
http://explorewisata.com/2017/02/tempat-wisata-di-lamongan-paling-hits.html
http://tempatwisatakeluarga.com/tempat-wisata-di-lamongan/

Back To Top